Jika pernah mengetik suatu berkas yang ditujukan pada orang banyak atau berisi data yang berbeda tapi formatnya sama, aku yakin teman-teman pernah menggunakan fungsi Mail Merge pada Microsoft Word. Fungsi ini sangat berguna untuk mempersingkat waktu dalam mencetak dokumen dalam jumlah banyak, daripada mengedit datanya satu persatu.
Dalam mail merge, ada pengaturan yang paling banyak digunakan untuk merapikan datanya, diantaranya adalah mengenai format dalam karakter / huruf, baik itu berupa huruf kapital semua, huruf kecil semua, atau hanya huruf kapital di depan kalimat atau kata saja. Untuk mengubah format data karakter, gunakan tombol Alt + F9. Ayo kita pelajari satu persatu :
Mengubah ke dalam bentuk huruf kapital semua
{ MERGEFIELD Nama \* Upper }
Mengubah ke dalam bentuk huruf kecil semua
{ MERGEFIELD Nama \* Lower }
Mengubah ke dalam bentuk huruf kapital di awal kalimat
{ MERGEFIELD Nama \* FirstCap }
Mengubah ke dalam bentuk huruf kapital di awal setiap kata
{ MERGEFIELD Nama \* Caps }
Selamat mencoba!
Sumber : https://www.computer1001.com/2014/03/cara-format-teks-dan-angka-data-mail-merge-di-word.html